Ini Dia 5 Stadion dengan Rata-rata Penonton Terbanyak Musim ini

0
53
Old Trafford menjadi kandang bersejarah milik Manchester United. (AFP)

GORONTALOPOST.ID – Suasana stadion dan kehadiran suporter memainkan peran penting dalam sepak bola. Kehadiran suporter yang bersemangat dan vokal dapat menciptakan atmosfer yang dapat menginspirasi dan memotivasi para pemain di lapangan.

Sorakan dan nyanyian dari penonton juga bisa mengintimidasi lawan dan memberikan keunggulan sebagai tuan rumah. Energi dan semangat suporter bisa menular dan mengangkat performa seluruh tim ke level yang lebih tinggi.

Selain itu, pendapatan finansial yang dihasilkan dari penjualan tiket dan merchandise juga dapat membantu klub berinvestasi dalam infrastruktur mereka dan merekrut pemain baru.

Beberapa klub terbesar di Eropa memiliki stadion besar yang dapat menampung lebih dari 70.000 orang. Stadion-stadion ini dapat mengintimidasi lawan yang berkunjung.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat lima stadion dengan rata-rata penonton terbanyak.

5. San Siro (AC Milan) – 71,251

AC Milan adalah salah satu klub sepak bola paling sukses di dunia setelah memenangkan banyak gelar domestik dan internasional. San Siro, kandang klub sejak 1926, telah menjadi bagian integral dari kesuksesan dan sejarah AC Milan.

Stadion yang secara resmi dikenal sebagai Stadio Giuseppe Meazza ini telah menyelenggarakan banyak pertandingan dan momen ikonik dalam sejarah sepak bola. Ini termasuk beberapa final Piala Eropa dan pertandingan Piala Dunia.

Desain arsitektur stadion yang khas dan kapasitas lebih dari 80.000 penonton telah menjadikannya ikonik bagi Milan. San Siro menampung rata-rata 71.251 orang untuk pertandingan kandang AC Milan musim ini.

4. Old Trafford (Manchester United) – 73,851

Manchester United adalah salah satu klub sepak bola paling sukses di planet ini. Stadion mereka, Old Trafford, memiliki kapasitas sekitar 80.000 dan biasanya penuh sesak berkat fanbase setia klub.

Dijuluki ‘The Theater of Dreams’, stadion bertingkat ini telah menyelenggarakan beberapa pertandingan bersejarah. Manchester United telah memenangkan 20 gelar liga dan menjadi benteng mutlak, di mana Old Trafford telah memainkan peran besar dalam kesuksesan tersebut.

Old Trafford dikenal dengan atmosfer luar biasa dan telah mencatat kehadiran rata-rata 73.851 orang musim ini. Bahkan, lebih dari 2,3 juta tiket telah terjual untuk pertandingan di Old Trafford musim ini, melampaui rekor sebelumnya yang dibuat pada musim 2016/2017.

3. Allianz Arena (Bayern Munich) – 75,000

Allianz Arena adalah rumah bagi raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen. Ini adalah stadion yang relatif baru karena dibuka pada Mei 2005. Sejak saat itu, Allianz Arena telah menyelenggarakan beberapa pertandingan penting, termasuk final Liga Champions 2011/2012.

Bayern sangat dominan sejak pindah ke Allianz Arena. Mereka telah memenangkan banyak trofi domestik dan internasional dengan Allianz Arena sebagai kandang mereka.

Ini adalah stadion modern dan eksteriornya yang diterangi cahaya merupakan fitur yang sangat berbeda dan unik. Eksterior dapat menyala dalam berbagai warna untuk mewakili tim yang bermain di dalamnya. Allianz Arena telah menjadi salah satu tempat paling padat di sepak bola klub selama bertahun-tahun dan memiliki rata-rata kehadiran 75.000 orang musim ini.

2. Signal Iduna Park (Borussia Dortmund) – 78,516

Borussia Dortmund dikenal luas sebagai klub dengan salah satu pendukung tuan rumah yang paling gencar. Kandang mereka, Signal Iduna Park, juga dikenal sebagai Westfalenstadion, tidak lain adalah tontonan di hari pertandingan.

Signal Iduna Park menjadi terkenal karena suasananya yang penuh gairah dan ‘Yellow Wall’ – sebuah stand di belakang gawang yang merupakan teras berdiri terbesar di Eropa. Ini telah menjadi simbol fanbase Borussia Dortmund yang penuh semangat dan dukungan mereka yang tak tergoyahkan untuk tim.

Signal Iduna Park memiliki kapasitas 81.365 dan telah mencatat kehadiran rata-rata 78.516 musim ini.

1. Camp Nou (Barcelona) – 85,988

Kandang Barcelona, Camp Nou, adalah stadion sepak bola terbesar di Eropa. Itu dapat menampung lebih dari 99.000 orang sekaligus dan telah menjadi bagian penting dari sejarah Barcelona.

Kandang klub Catalunya itu telah menjadi tuan rumah pertandingan profil tinggi di Piala Dunia 1982 dan juga final Liga Champions 1999. Tempat itu telah menjadi rumah bagi Barca sejak selesai pada 1957.

Kehadiran rata-rata di Camp Nou musim ini adalah 85.988 dan itu yang tertinggi dari semua klub di Eropa.(Jawapos)